WASPADA SAAT MENSTRUASI

WASPADA SAAT MENSTRUASI

PURWOKERTO – Talk Show Kesehatan “Doktere Inyong” episode ke-76 kali ini menghadirkan Dokter Umum yaitu dr. Irwan Nuryadin di studio Satelit TV, Minggu (11/11) malam. Dipandu oleh Putri Permata Sari Rachmat, Amd.Keb sebagai host, tema yang diangkat “Waspada saat Menstruasi”.

Menstruasi merupakan siklus alami yang terjadi pada perempuan, dimana siklus ini umumnya muncul tiap 4 minggu yang dimulai sejak hari pertama menstruasi mulai hingga hari pertama menstruasi berikutnya tiba. Alasan mens adalah supaya bisa mereproduksi.

Siklus menstruasi itu kadang-kadang bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dengan perbedaan antara 21 – 35 hari. Hormon estrogen dalam tubuh perempuan akan meningkat pada tiap siklus menstruasi untuk siap menghadapi kemungkinan terjadinya kehamilan. Masa ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan menebal. Apabila  tidak dibuahi, maka sel telur akan diserap tubuh dan dinding rahim yang sudah menebal akan luruh, kemudian mengalir keluar dari tubuh bercampur dengan darah. Proses keluarnya darah dari vagina inilah yang disebut haid atau datang bulan. Sakit saat menstruasi itu beda-beda pada tiap orang, ada yang wajar dan ada nyeri berlebihan, dr. Irwan Nuryadin mengawali perbincangan.

Siklus menstruasi pertama terjadi pada gadis remaja saat mereka memasuki masa pubertas, biasanya diawali pada usia 12 tahun atau sekitar 2 – 3 tahun setelah payudara mulai tumbuh. Menstruasi pertama bisa datang lebih cepat atau lambat. Ada yang mengalaminya sejak sekitar usia 8 tahun dan ada yang baru mengalaminya di atas usia 12 tahun. Meski demikian, sebagian besar gadis remaja sudah mengalami masa menstruasi secara rutin pada usia 16 – 18 tahun. Menstruasi akan terus berlangsung sampai menopause tiba. Menopause umumnya terjadi pada usia 40 tahun hingga pertengahan usia 50 tahun.

Premenstrual Syndrome (PMS)

Perubahan kadar hormon dalam tubuh akan terjadi (khususnya pada masa sebelum menstruasi). Berubahnya jumlah hormon bisa memengaruhi fisik dan emosi yang terkadang dapat muncul berhari-hari sebelum menstruasi. Perubahan fisik dan emosi yang biasanya muncul sebelum menstruasi adalah lelah, sakit kepala, perut kembung, payudara sensitif, berat badan naik, nyeri otot dan sendi, kenaikan berat badan karena penumpukan cairan, diare, serta timbul jerawat.

Menstruasi

Saat menstruasi, maka akan mengalami pendarahan dari vagina selama kira-kira 2 hari sampai 1 minggu dengan volume darah rata-rata sekitar 30-70 mililiter. Tetapi ada yang mengeluarkan darah yang lebih banyak. Volume pendarahan terbanyak selama menstruasi biasanya terjadi pada hari pertama dan kedua. Selama menstruasi, sakit atau kram perut juga mungkin terjadi.

Adapun permasalahan yang umum terjadi saat menstruasi adalah sebagai berikuit :

Menorrhagia

Menorrhagia adalah volume darah yang berlebihan saat menstruasi. Beberapa gejala dalam kondisi ini adalah :

  • Volume darah yang terlalu banyak sehingga harus mengganti pembalut tiap jam dan ini berlangsung selama beberapa jam.
  • Harus menggunakan dua pembalut untuk menampung pendarahan.
  • Harus bangun untuk mengganti pembalut pada saat tidur.
  • Mengalami gejala anemia, misalnya kelelahan atau napas pendek.
  • Durasi menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari.
  • Mengeluarkan gumpalan-gumpalan darah berukuran besar selama lebih dari 1 hari.
  • Terpaksa membatasi rutinitas karena volume darah yang hilang berlebihan saat menstruasi.

Kelainan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari ketidakseimbangan hormon hingga fibroid yang tumbuh pada rahim. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan ke Dokter apabila mengalami pendarahan yang berlebihan.

Amenorea

Amenorea adalah istilah medis di mana menstruasi terhenti sama sekali. Kondisi ini bisa terjadi dengan alami atau diakibatkan dari penyakit dan konsumsi obat tertentu. Faktor alami yang dapat menyebabkan masalah ini, yaitu kehamilan, menyusui dan menopause.

Nyeri Haid

Rasa sakit saat menstruasi (dismenorea) adalah hal biasa yang pernah dirasakan tiap perempuan. Dismenorea yang biasanya terjadi sebelum dan pada saat menstruasi ini umumnya berupa nyeri atau kram di perut bagian bawah yang terus berlangsung dan terkadang menyebar hingga ke punggung bawah serta paha. Rasa nyeri tersebut juga bisa disertai sakit kepala, mual dan diare.

Oligomenorea

Haid biasanya datang tiap 21 – 35 hari, tetapi ada juga perempuan yang mengalami menstruasi secara tidak teratur yaitu bila haid datang setelah 90 hari. Beberapa penyebabnya itu seperti penggunaan kontrasepsi, olahraga terlalu berat, gangguan pola makan, serta mengidap diabetes atau penyakit tiroid.

Dapat disimpulkan bahwa, orang menstruasi bisa mengalami PMS yang terjadi 2 minggu sebelum menstruasi. Dalam sehari, maksimal pembalut itu ada 4, kalau lebih dari 4 maka hati-hati karena bisa terkena anemia. Saat mens sebaiknya tidak melakukan hubungan suami-istri, karena dalam Islam tidak membolehkan, serta dalam medis itu tidak higienis. Sakit karena menstruasi sebaiknya banyakkin aktivitas, bisa minum asam mefenamat atau Ibuprofen, namun konsultasi terlebih dahulu ke Dokter untuk dosisnya atau bisa juga minum jahe atau kunyit anget.

Share:

Leave comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.