JANGAN ANGGAP REMEH INSOMNIA

JANGAN ANGGAP REMEH INSOMNIA

PURWOKERTO – Talk Show Kesehatan “Doktere Inyong” episode ke-80 kali ini menghadirkan Dokter Umum yaitu dr. Islamia Saleha di studio Satelit TV, Minggu (16/12) malam. Dipandu oleh Agus Supriyadi dan Toni Kristiawan, S.H sebagai host, tema yang diangkat “Jangan Anggap Remeh INSOMNIA”.

Insomnia merupakan gangguan tidur atau sulit tidur atau ngga bisa tidur sama sekali, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Biasanya rata – rata tingkat stree mempengaruhi ke aktivitas tubuh kita. Insomnia sangat menganggu orang yang memiliki aktivitas banyak, sehingga dapat menganggu aktivitas di pagi harinya.

Insomnia itu terjadi karena konsumsi obat misal anti depresan atau obat hipertensi dan konsumsi kopi. Perempuan lebih sering terkena insomnia karena tingkat sensitifitas tinggi (baperan). Lainnya itu orang yang suka main game ini deg-deg an, maka bisa juga insomnia.

Aktivitas terganggu di siang hari, maka mengantuk dan orang tersebut lelah, nah orang lelah maka mudah marah, nafsu makan bisa berkurang. Orang insomnia bisa dibilang orang yang lelah atau lunglai, mudah marah, gugup, deg-deg an, terus dapat mempengaruhi ke sistem metabolisme tubuh. Kalau deg-deg an sampai mengganggu aktivitas jantung kemudian dibantu obat, maka perlu penanganan khusus, dr. Islamia Saleha mengawali perbincangan.

Insomnia ada dua tipe, yaitu :

  • Insomnia primer

Insomnia primer adalah insomnia yang tidak terkait dengan kondisi tim medis lain.

  • Insomnia sekunder

Insomnia sekunder adalah insomnia yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain, misal asma, radang sendi,depresi, kanker dan refluks asam lambung (GERD). Konsumsi obat – obatan dan alkohol juga bisa terkena insomnia sekunder.

Insomnia dapat dialami oleh siapa saja, tetapi insomnia lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia dan seseorang yang memiliki gangguan kesehatan.

Insomnia bisa diatasi dengan beberapa cara, misalnya penggunaan obat-obatan, terapi perilaku kognitif, atau kombinasi keduanya. Pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi tiap pasien. Jika diperlukan, Dokter akan memberi pasien obat tidur untuk beberapa minggu.

Dapat disimpulkan bahwa, insomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Dengan demikian, gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak maksimal untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Tidur berkualitas itu sulit didapat. 30 menit tetapi nyaman tidurnya itu sudah baik, namun tidur 8 jam tetapi dipaksa merem ini ngga baik. Tips menjaga pola hidup yang sehat adalah makan yang teratur, istirahat yang cukup dengan pola tidurnya diatur (teratur dan efektif), olahraga untuk kebugaran dan metabolisme tubuh supaya lancar, hindari makanan – makanan yang berat, hindari kopi dan hindari rokok.

 

Share:

Leave comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.