KENALI PENYAKIT KULIT DI SEKITAR ANDA

KENALI PENYAKIT KULIT DI SEKITAR ANDA

PURWOKERTO – Talk Show Kesehatan “Doktere Inyong” episode ke-46 kali ini menghadirkan Dokter Umum yaitu dr. Irwan Nuryadin di studio Satelit TV, Minggu (14/01) malam. Dipandu oleh Yudha Tama Mandala Putra, S.Kep., Ns sebagai host, serta Nia Noor Erlyta, Amd. Keb sebagai tamu, tema yang diangkat adalah “Kenali Penyakit Kulit di Sekitar Anda”.

Kulit merupakan lapisan terluar pada tubuh kita, dimana kulit dapat melindungi otot, jaringan, tulang dan organ. Otomatis penyakit yang menyerang kulit dan bisa jadi merambah ke tempat lain. Warga Banyumas pada umumnya yang menderita penyakit kulit paling sering disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Oleh karena itu, jangan sampai terlambat mengobati penyakit kulit tersebut, dr. Irwan Nuryadin mengawali perbincangan.

Macam – macam penyakit kulit adalah sebagai berikut :

Jamur

  • Panu

Penyakit panu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang dapat merusak jaringan luar kulit. Jamur berkaitan dengan KOH. Bentuk panu tidak selalu bulat, warnanya pun tidak selalu lebih putih dari kulit kita. Pada penyakit panu, lihat dulu wujud kulitnya, ada yang berwarna putih serta rasa gatal. Putih di wajah pada anak itu bukan panu dan bukan jamur. Hal ini diduga karena sinar matahari yang disebut buras. Setelah olahraga terus cuci muka itu tidak menyebabkan buras.

  • Kadas atau kurap

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur ini dapat menular, dimana penularannya dapat melalui sentuhan atau kontak langsung dengan penderita kadas atau melalui media lain yang sudah terinfeksi penderita kadas tersebut (contohnya melalui pakaian). Penyakit ini ditandai dengan area kulit yang terinfeksi berupa lingkaran cincin warna kemerahan. Disarankan tidak pakai pakaian ketat. Faktor terkena kadas adalah karena berkeringat dan pakaian ketat. Kalau jamur itu harus periksakan ke Dokter, jangan mendiagnosis sendiri.

  • Kudis atau skabies

Kudis merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyusupan tungau kecil yang tidak tampak oleh penglihatan mata. Tungau kecil masuk ke dalam lapisan kulit luar, sehingga dapat menimbulkan ruam kulit yang sangat gatal dan keropeng. Penyakit kudis berada pada sela – sela jari dan bisa juga pada tubuh bayi.

Pengobatan jamur kulit tergantung pada jenis jamur penyebabnya. Pengobatan 2 – 4 minggu untuk menghilangkan jamur karena obatnya harus masuk sampai dalam.

 

Bakteri

  • Bisul

Hampir tiap orang menderita bisul, baik anak – anak maupun dewasa. Bisul merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus aureus pada kulit melalui folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat sehingga menyebabkan infeksi lokal. Bisul biasanya ditandai dengan pembengkakan dan warna merah di permukaan kulit yang terinfeksi. Benjolan bisul berisi nanah dan ada titik putih di bagian ujung.

  • Kusta atau lepra

Kusta merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae, yang bersifat intraseluler obligat. Gejalanya ditandai dengan berubahnya warna kulit berbentuk bulatan – bulatan, kulit terasa kebas sehingga penderita tidak merasakan apa – apa saat muncul luka, jari – jemari hilang, serta lemah otot yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

 

Virus

  • Cacar

Penyakit cacar disebabkan oleh virus varisela-zoster, yang ditandai dengan munculnya bintik – bintik (ruam) yang berair seperti tetesan embun. Bintik – bintik tersebut muncul di seluruh tubuh yaitu pada lengan dan kaki, dada dan perut, belakang telinga, muka, serta kulit kepala. Sakit cacar ini biasanya dibarengi dengan demam, sakit kepala, nyeri otot dan nafsu makan berkurang. Sebagai saran, apabila terkena cacar tidak boleh digaruk karena dapat meninggalkan bekas luka setelah sembuh atau kering. Kalau sudah terkena cacar air, maka lanjutannya terkena herpes yang tampilannya dampa. Jadi bisa tumbuh lagi dalam bentuk lain itu yang dinamakan dampa, yang berkumpul dan muncul di saraf nya saja. Dampa bukan herpes, tapi kuman. Dampa ngumpul 1 tempat, ini semacam cacar. Dampa biasanya di perut, mata dan punggung. Penyebabnya cacar tapi kumannya ngumpet masih ada jadi dampa. Sebagai contoh, ketika Ibu hamil 5 bulan dengan tumbuh cacar pada Ibunya. Saat lahir anaknya kemungkinan bisa kena cacar, maka diberikan immunoglobulin untuk bayinya seperti tidak terkena cacar. Cara pengobatan bisa minum asiglobin untuk Ibu yang sedang hamil, di atas 20 minggu itu boleh dikonsumsi, kalau belum 20 minggu maka disesuaikan dengan dosisnya.

  • Herpes

Penyakit herpes disebabkan oleh virus varisella, yang dapat mengganggu karena dapat menyebabkan sakit dan demam pada penderita herpes. Gejala awalnya ditandai dengan bintik – bintik kecil atau ruam, kemudian akan timbul rasa panas seperti terbakar. Adapun cara merawat herpes adalah dengan vaksin dan memakai krim khusus untuk kulit yang mengandung antibiotik. Tidak lupa, perlu menjaga kebersihan.

Adapun penyakit kulit lainnya, yaitu terkena gigitan tomcat, kutu air, keringat buntet dan jerawat.

Terkena gigitan tomcat itu bentuknya garis linear. Kuman yang dibawa tomcat adalah pseudomonas yang menyebabkan kulit kemerah – merahan.

Kutu air ini disebabkan oleh jamur dan terasa gatal, maka perlu menjaga kebersihan dengan sepatu harus lebar, menjaga pola hidup sehat, sering ganti kaos kaki, serta sepatu kadang dicuci.

Keringat buntet pada anak – anak bisa dilakukan kompres, kemudian diberi antibiotik. Penyebab keringat buntet dikarenakan pori – pori. Bisa pakai bedak untuk mengurangi gatal saat anak terkena keringat buntet.

Jerawat merupakan penyakit kulit yang multifaktorial, ini ada hormon dan kuman nya. Jerawat disebabkan karena adanya gangguan pada bagian kelenjar kulit, dimana kelenjar kulit ini terhubung secara langsung dengan bagian pori – pori kulit. Kelenjar minyak yang berada di bagian bawah kulit dapat terkena infeksi dari kotoran luar yang masuk melalui pori-pori, sel-sel kulit mati dan bakteri atau virus. Cara penanganannya bisa dengan membersihkan muka, tidak ganti – ganti kosmetik, pola makan yang sehat dan hindari stress.

Dapat disimpulkan bahwa, kulit harus dijaga karena investasi masa depan. Kenali dulu pada gejala, penyebab dan karena faktornya apa. Sebaiknya, jangan salah diagnosis karena pengobatan menjadi lama. Yang terpenting adalah jaga kebersihan, baik kebersihan badan, lingkungan maupun pakaian.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.