KENALI PENYAKIT ASAM URAT LEBIH DINI

KENALI PENYAKIT ASAM URAT LEBIH DINI

PURWOKERTO – Talk Show Kesehatan “Doktere Inyong” episode ke-50 kali ini menghadirkan Dokter Umum yaitu dr. Elma Laeni Barokah di studio Satelit TV, Minggu (25/02) malam. Dipandu oleh Agus Supriyadi sebagai host, serta Irma Sofiana, Amd.Kom sebagai tamu, tema yang diangkat adalah “Kenali Penyakit Asam Urat Lebih Dini”.

Asam urat merupakan penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah, sehingga menyebabkan kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh. Saat kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dibuang melalui urine. Namun dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau dapat mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga mengakibatkan asam urat menumpuk dalam tubuh.

Asam urat itu mengendap di dalam tubuh, dia akan menjadi normal apabila mengalami peningkatan. Peningkatan asam urat ini yang menyebabkan penyakit radang sendi. Asam urat sebagai faktor risiko terjadinya radang sendi yang dipicu oleh asam urat itu. Penyakit asam urat biasa disebut oleh orang awam itu sendi – sendi nya pegel – pegel dan menyebutnya asam urat saja, dr. Elma Laeni Barokah mengawali perbincangan.

Asam urat pada tubuh dipengaruhi oleh dua hal, yaitu :

  • Faktor produksi : bisa dari makanan yang kita makan.
  • Faktor pengeluaran : melalui ginjal. Ginjal yang rusak maka pengeluaran ngga bisa, maka akan meningkat. Akumulasi nya adalah makanan tinggi pengeluaran jelek maka otomatis tinggi, makanan tinggi pengeluaran normal ini tetap tinggi, serta makanan biasa pengeluaran berkurang maka akan tinggi.

Laki – laki terkena asam urat pada usia 30 tahun, sedangkan wanita pada usia 50 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan wanita mempunyai hormon estrogen dimana dapat membantu pengeluaran asam urat itu sendiri. Ibu – ibu menopause itu rentan juga terkena asam urat. Beda lagi dengan rematik, dimana pasien dicondongkan lebih ke osteoarthritis (cairan sendi nya berkurang jadi terdapat penyempitan saraf sendi). Rematik juga disebabkan oleh suka angkat beban berat. Asam urat pada sendi dan kaki, biasanya menyerang jempol kaki.

Secara umum, gejala asam urat itu berupa nyeri sendi mendadak dalam waktu singkat (akut), kemudian dapat hilang dalam selang beberapa hari dan sakit kembali setelah 6 atau 12 bulan. Nyeri hanya terjadi pada satu atau beberapa sendi, seperti di jempol kaki, lutut, atau pergelangan kaki, dimana gejala nya akan terasa parah selama 2 hari pertama. Penderita asam urat akan merasakan nyeri hebat yang muncul mendadak saat malam hari. Hal ini ditandai dengan sendi yang terlihat merah, bengkak dan akan sangat sakit walaupun hanya tersentuh sedikit. Pasien asam urat datang dengan keluhan nyeri sendi, pegel – pegel, kaku, peradangan di jempol kaki bengkak, nyeri dan merah.

Kalau pasien sudah ada keluhan nyeri sendi, maka dikonsultasikan ke Dokter. Apabila kalau tiba – tiba jempol kaki yang kemerah – merahan. Penanganan di rumah bisa dikompres dengan air es selama 15 menit. Ini apabila jempol kaki yang kemerah – merahan.

Ada 3 kelompok makanan yang mengandung purin, yaitu :

  • Kelompok 1

Kandungan purin tinggi (100 – 1.000 mg purin/100 gram bahan makanan). Contoh bahan makanan : otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, ekstrak daging / kaldu, bebek, ikan sarden, makarel, remis dan kerang.

  • Kelompok 2

Kandungan purin sedang (9 – 100 mg purin/100 gram bahan makanan). Contoh bahan makanan : maksimal 50 – 75 gram (1 – 1  potong) daging, ikan atau unggas atau 1 mangkok (100 gram) sayuran sehari. Daging sapi dan ikan (kecuali yang termasuk kelompok 1), ayam, udang, kacang kering beserta olahannya seperti tahu dan tempe, asparagus, bayam, jamur, kembang kol, daun singkong, kangkung, daun dan biji melinjo.

  • Kelompok 3

Kandungan purin rendah (dapat diabaikan, dapat dimakan setiap hari). Contoh bahan makanan : nasi, ubi, singkong, jagung, roti, mie, bihun, tepung beras, cake, kue kering, pudding, susu, keju telur, lemak dan minyak, gula, sayuran dan buah – buahan (kecuali sayuran dalam kelompok 2).

Hampir semua makanan ada kandungan purin nya, tergantung kita konsumsinya. Cuma orang yang sudah menderita asam urat itu 100 – 150 mg purin. Kalau kangkung mengandung purin, boleh dimakan, tetapi jangan melebihi batas takaran.

Dapat disimpulkan bahwa, asam urat adalah penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah, sehingga menyebabkan kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh. Agar tidak terkena asam urat, maka dari asupan makanannya kita perlu mengontrol pola makan hidup sehat. Dari asupan purin yang dimakan tidak boleh berlebihan. Pembuangannya cukup. Sebaiknya pola hidup dan pola makan diatur. Ini 100 – 150 mg purin/hari ini maksimal purin yang masuk ke dalam tubuh. Konsultasi ke Dokter jika mulai merasakan pegel – pegel, ini supaya lebih tahu penyebabnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.