Tips Merawat Luka Diabetes di Rumah

Tips Merawat Luka Diabetes di Rumah

Masa penyembuhan luka diabetes lebih lama dibandingkan dengan luka pada orang sehat. Apabila tidak ditangani dengan tepat, luka pada penderita diabetes dapat terus menyebar hingga berakhir dengan amputasi.

Penyebab utama masa penyembuhan luka diabetes yang lama ialah tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Kondisi ini merusak saraf, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan menyebabkan sirkulasi darah memburuk, sehingga menghambat proses perbaikan jaringan tubuh.

Luka yang tak kunjung sembuh pada akhirnya membuat penderita diabetes lebih rentan terserang infeksi jamur, infeksi bakteri, dan gangrene. Lalu, bagaimana cara merawat luka diabetes agar tidak menimbulkan risiko yang lebih buruk?

Untuk mencegah risiko luka yang semakin parah, berikut ini terdapat beberapa tips cara merawat luka diabetes di rumah.

Selalu Rajin Membersihkan Luka

Bersihkan luka diabetes dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Jangan lupa untuk mengoleskan salep antibiotik yang direkomendasikan dokter dan rutin mengganti pembalut luka agar tidak kondisi luka terjaga kebersihannya.

Hindari Memberikan Tekanan pada Daerah Luka

Hal ini bisa dilakukan dengan tidak mengenakan pakaian ketat, supaya tidak menambah parah luka. Apabila terdapat luka di telapak kaki, sebaiknya gunakan alas kaki yang empuk, agar tidak memperparah kerusakan akibat luka diabetes.

Perhatikan Asupan Makanan

Salah satu cara mengontrol kadar gula darah adalah dengan memperhatikan asupan gizi. Terutama, protein, yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit dan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Selain itu, tubuh juga membutuhkan asupan kalori, lemak, serat, vitamin dan mineral, seperti zinc dan vitamin C.

Di luar cara merawat luka diabetes tersebut, jangan lupa untuk rutin memeriksakan luka diabetes ke dokter. Dokter dapat memeriksa tanda-tanda kerusakan saraf, sirkulasi darah yang buruk, atau luka yang terinfeksi, sehingga bisa ditangani secara tepat.

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan perawatan sendiri di rumah, layanan home care bisa menjadi cara sederhana membantu Anda untuk memudahkan perawatan luka diabetes di rumah. Layanan home care akan membantu merawat luka diabetes melalui tenaga ahli.

Ananda Home Care menghadirkan layanan perawatan luka diabetes untuk pasien di wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Layanan home care ini dirilis RS Ananda Purwokerto untuk membantu proses perawatan luka para penderita diabetes secara profesional dan terpercaya.

Untuk mendapatkan layanan perawatan luka diabetes dari Ananda Home Care, anda bisa menghubungi 081381345559. Tenaga ahli Ananda Home Care selalu siap untuk melakukan perawatan luka diabetes di rumah.

Leave comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.