SELAMAT HARI AIDS SEDUNIA – RS ANANDA PURWOKERTO

SELAMAT HARI AIDS SEDUNIA – RS ANANDA PURWOKERTO

Sahabat RS Ananda udah tahu belum tentang HIV / AIDS ???
Yuuk cekidot simak sedikit penjelasannya…
.
.
HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, dimana virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.
AIDS singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome yang merupakan sekumpulan gejala dan infeksi akibat kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia.
.
Gejala penderita HIV – AIDS adalah demam tinggi dalam kurun waktu lama, nafas pendek, batuk, nyeri dada, sehingga nafsu makan berkurang, mual dan muntah, diare, peradangan pada kerongkongan, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau pangkal paha serta sakit kepala.
.
HIV ini ditemukan di dalam cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Cairan tersebut adalah cairan sperma, cairan vagina, cairan anus, darah dan ASI. HIV tidak bisa menyebar melalui keringat atau urine. Penularan HIV – AIDS dengan cara hubungan seks, seks oral, pemakaian alat bantu seks secara bersama sama atau bergantian, transfusi darah, penggunaan jarum bekas penderita (akupuntur, jarum tatto, jarum tindik), antara Ibu hamil dengan janinnya, melahirkan dan menyusui. HIV stadium 1 dan 2 masih bisa aktivitas, tidak kelihatan. Cek penyakit HIV adalah 1 bulan setelah hubungan seksual, kalau belum ketahuan hasilnya maka cek setelah 6 bulan kedepan. Dari air liur bisa tertular HIV, tapi masih sedikit, jadi resiko sangat rendah virus HIV. Ada dua hal yang bisa mengetahui seseorang terkena HIV yaitu dengan cara konseling dimana orang tersebut ditanya dulu apakah terkena HIV – AIDS atau tidak dan cek darahnya.
.
Belum ada obat yang dapat menyembuhkan HIV. Gejala 5 – 10 tahun sudah ketahuan HIV. Saat 0 – 5 tahun belum terlihat HIV. HIV menyerang kekebalan tubuh, maka disarankan bagi penderita HIV untuk olahraga secara teratur dan makan makanan yang bergizi.

Selamat Hari AIDS sedunia…
Terima kasih ~salam sehat selalu…

#rsananda
#rsanandapurwokerto
#cintaitusederhana
#hiv
#aids

Share:

Leave comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.