Serba Serbi Kesehatan Gigi

Serba Serbi Kesehatan Gigi

 

Purwokerto – Talk Show “Doktere Inyong” RS Ananda Purwokerto di Satelit TV edisi ketiga tadi malam (6/11) mengambil tema tentang “Serba Serbi Kesehatan Gigi” bersama drg. Sri Ayu.

_mg_6302
Host: dr. Norina Agatri dan dr. Setya Asri Ardhini

Dipandu oleh dua dokter dari RS Ananda Purwokerto yaitu dr. Norin Agatri dan dr. Setya Asri Ardhini, acara berlangsung selama satu jam dari jam 19.30 – 20.30 WIB.

Pada talk show kali ini drg. Ayu menekankan pentingnya pemeriksaan rutin terhadap gigi. “Pemeriksaan pada gigi itu tidak menunggu gigi sakit. Justru saat masih sehat gigi harus diperiksa agar fungsi dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Apa fungsi gigi itu adalah untuk mengunyah, berbicara, estetik, dan menjaga kesehatan rongga mulut dan rahang,” ujarnya.

Lebih lanjut drg. Ayu menjelaskan bahwa penyakit yang ditimbulkan dari perawatan yang tidak baik pada gigi pada umumnya adalah gigi berlubang, sakit gigi, gusi bengkak dan karang gigi. Penyebab penyakit – penyakit tersebut adalah adanya bakteri karena sisa makanan yang menempel pada gigi kita. Pola hidup yang tidak sehat seperti makan makanan yang manis – manis, bersoda atau bersifat asam, merokok dan pola menyikat gigi yang salah.

_mg_6321Antusias pemirsa langsung terlihat saat sesi konsultasi via telepon dibuka. Penelpon yang masuk dating dari berbagai daerah diantaranya Ajibarang, Purwokerto dan Purbalingga. Menjawab salah satu pemirsa, drg. Ayu memberikan tips dalam menjaga kesehatan gigi. Diantaranya adalah rajin membersihkan gigi minimal dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

Kemudian cek rutin gigi ke dokter minimal 6 bulan sekali, membersihkan karang gigi (scalling) minimal setahun sekali, membersihkan gigi dengan benang (flossing), hindari merokok, dan banyak minum air putih. “Berkumur dan banyak minum air putih membantu membersihkan sisa makanan dan asam di rongga mulut kita,” kata drg. Ayu, yang praktek di RS Ananda setiap hari Senin sampai Kamis jam 16.00 WIB. (ddy)


_mg_6322Saksikan “Doktere Inyong” setiap hari Minggu jam 19.30 WIB kerjasama RS Ananda Purwokerto dan Satelit TV-26 UHF.

 

 

——————————————————————————–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.