TALK SHOW KESEHATAN DOKTERE INYONG – RS ANANDA PURWOKERTO

TALK SHOW KESEHATAN DOKTERE INYONG – RS ANANDA PURWOKERTO

Indonesia merupakan peringkat penderita diabetes terbesar ke-6 di dunia. Menurut data berdasarkan International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes tahun 2015 berjumlah 415 juta jiwa, tahun 2018 meningkat menjadi 425 juta jiwa. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018, tahun 2013 angka prevalensi diabetes pada orang dewasa mencapai 6,9 %, sedangkan tahun 2018 angka terus meningkat menjadi 8,5 %, sehingga estimasi jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang.
Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis, dimana ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau bisa dikatakan di atas nilai normal gitu…
Diabetes dibagi menjadi dua, yaitu…
1) diabetes tipe 1, terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin,
2) diabetes tipe 2, terjadi karena sel-sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin).
Nah…kalau gejala diabetes : sering merasa haus, sering buang air kecil (terutama di malam hari), sering merasa lapar, berat badan menurun, massa otot berkurang, terdapat keton dalam urine, lemas, pandangan kabur, luka sulit sembuh serta sering mengalami infeksi misal pada gusi, kulit, vagina, saluran kemih.
Yuuk Cegah DIABETES dengan CERDIK…
C -> Cek Kesehatan secara Rutin
E -> Enyahkan Asap Rokok
R -> Rajin Aktivitas Fisik
D -> Diet Seimbang
I -> Istirahat Cukup
K -> Kelola Stres

Semangat pagiii Sahabat RS Ananda Purwokerto…Doktere Inyong hadir kembali looh…kali ini dengan narasumber dr. Irwan Nuryadin (Dokter Umum RS Ananda Purwokerto), tayang pada hari Minggu 17 November 2019 pukul 19.30 s.d 20.30 WIB, mengangkat tema “ Yuk Kenali Diabetes Sejak Dini ”.
Yuuk nonton di ig RS Ananda Purwokerto atau Channel Satelit TV…

Terima kasih ~salam sehat selalu…

#rsananda
#rsanandapurwokerto
#cintaitusederhana
#satelittv
#doktereinyong
#diabetes

Share:

Leave comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.