Perhatikan Hal Ini Saat Merawat Bayi di Rumah

Perhatikan Hal Ini Saat Merawat Bayi di Rumah

Setelah proses persalinan di klinik atau rumah sakit, orangtua baru akan segera membawa bayinya pulang ke rumah. Akan tetapi, menjalan hari-hari pertama bersama bayi baru lahir, bukan hal yang mudah.

Banyak yang perlu dipahami ayah dan bunda dalam merawat bayi baru lahir kesayangan di rumah. Berikut ini 4 Hal yang perlu Anda perhatikan saat merawat si buah hati di rumah.

Perhatikan jam tidur

 

Dalam sehari bayi dapat tidur sampai total 20 jam. Karena itulah, suasana kamar harus memiliki suhu yang sejuk, mendapat cahaya serta ventilasi cukup.

Memilih pakaian bayi

Demi kenyananan bayi, pilihlah pakaian dari bahan yang lembut, menyerap air dan tidak kaku. Jika kedinginan pakaikan selimut dan topi.

Pola BAB dan BAK

Secara normal, bayi akan BAK dalam 24 jam pertama dan BAB paling telat dalam 48 jam pertama. Jika ini tidak terjadi, bayi perlu diperiksa lebih lanjut. Setelah itu, bayi akan BAK 5-6 kali per hari dan BAB 3-4 kali per hari.

Mengenali isyarat lapar

Ketika bayi lapar akan menunjukkan tanda-tanda seperti memasukkan tangan ke dalam mulut, menggengam tangan hingga mengeluarkan suara. Jangan tunggu bayi menangis baru menyusuinya.

Berikan ASI sesuai kemauan bayi, jangan dijadwal. Normalnya bayi akan minum ASI selama 5-30 menit, jika di luar itu, evaluasi proses menyusui.

Namun, ketika masih kerepotan dalam merawat bayi baru lahir, ayah dan bunda bisa memanfaatkan layanan home care. Kini di Purwokerto telah hadir Ananda Home Care. Layanan home care ini ialah layanan terbaru dari RS Ananda Purwokerto.

Ananda Home Care menghadirkan layanan perawatan ibu dan anak. Dengan menggunakan layanan home care, ayah dan bunda akan mendapatkan bantuan dari tenaga ahli untuk memandikan bayi, breast care hingga potong rambut.

Hubungi segera 081381345559 untuk mengatur jadwal kunjungan tenaga ahli home care dari Ananda Home Care. Tenaga ahli dari Ananda Home Care siap untuk membantu perawatan ibu dan anak di rumah secara profesional.

Leave comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.