Cara Merawat Luka Pascaoperasi di Rumah

Cara Merawat Luka Pascaoperasi di Rumah

Tidak sedikit orang yang kebingungan dalam merawat luka jahitan pascaoperasi. Perawatan yang tidak tepat terhadap luka operasi bisa memicu terjadinya infeksi atau perdarahan. Jika terjadi infeksi, maka sudah dipastikan, luka pascaoperasi tersebut akan semakin lama sembuhnya.

Sebenarnya, perawatan luka pascaoperasi tidak terlalu sulit dilakukan. Termasuk jika melakukan perawatan luka pascaoperasi ketika sudah pulang ke rumah. Berikut ini beberapa cara merawat luka jahitan pascaoperasi di rumah supaya cepat sembuh.

Selalu bersihkan luka operasi

Area di sekitar luka operasi harus selalu bersih agar mengurangi risiko terjadinya. Termasuk juga membersihkan tangan ketika hendak menyentuh area sekitar luka pascaoperasi. Dan, tentu saja pastikan area luka pascaoperasi tidak boleh basah atau terkena air, sehinga luka lekas kering.

Perhatikan kondisi luka

Tidak ada salahnya, jika memerhatikan bagaimana perawat atau dokter merawat luka pascaoperasi ketika di rumah sakit. Dengan begitu, Anda lebih mengenali kondisi luka dan mengetahu ciri-ciri luka operasi yang baik dan tidak.

Ganti perban secara rutin

Ganti perban luka jahitan secara rutin. Terlebih jika sering terkena air. Jika tidak bisa mengganti perban luka jahitan sendiri, kunjungi pelayanan kesehatan terdekat untuk mengganti perban luka pascaoperasi.

Kurangi aktivitas yang membuat luka terbuka

Bukan tidak mungkin, jahitan luka operasi terbuka kembali. Karena itu, kurangi berbagai aktivitas yang dapat mengurangi risiko luka pascaoperasi terbuka kembali. Aktivitas tersebut seperti mengangkat beban yang berat, kurangi paparan sinar matahari, hindari sumber bakteri.

Merawat luka pascaoperasi memang tergolong mudah, selama mengikuti kaidah perawatan luka. Namun, jika tidak terlalu yakin dalam prosedur perawatan luka pascaoperasi, Anda ataupun keluarga bisa memanfaatkan layanan home care khusus perawatan luka pascaoperasi.

Ananda Home Care menjadi pilihan terpercaya layanan home care di wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Ananda Home Care merupakan salah satu layanan terbaru yang dirilis RS Ananda Purwokerto. Ananda Home Care bisa menjadi wujud cinta Anda kepada anggota keluarga yang baru melakukan operasi.

Ananda Home Care memberikan layanan perawatan luka pascaoperasi dengan tenaga ahli perawat. Dengan menggunakan Ananda Home Care, Anda bisa membantu peawatan pasien bisa dengan perawatan profesional dengan standar pelayanan RS Ananda di rumahnya sendiri.

Selain layanan perawatan luka pascaoperasi, Ananda Home Care juga menghadirkan Layanan Perawatan Ibu dan Anak, Layanan Perawatan Geriatrik, Layanan Fisioterapi dan Layanan Perawatan Laboratorium.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan home care terbaik di Purwokerto dan sekitarnya dari Ananda Home Care, hubungi segera 081381345559. Tenaga ahli dari Ananda Home Care akan mengunjungi Anda sesuai jadwal yang sudah dijanjikan.

Leave comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.