SERBA – SERBI ASI

SERBA - SERBI ASI

PURWOKERTO – Talk Show Kesehatan “Doktere Inyong” episode ke-38 kali ini menghadirkan Dokter Umum yaitu dr. Grahita Anindita Poernomo di studio Satelit TV, Minggu (05/11) malam. Dipandu oleh Agus Supriyadi dari RS Ananda Purwokerto sebagai host, serta Nurfala Destiana, Amd.Kep sebagai tamu, tema yang diangkat adalah “Serba – serbi ASI”.

Air Susu Ibu (ASI) ini merupakan suatu anugerah dari Allah SWT sebagai seorang Ibu setelah melahirkan yang ada di tubuh seorang Ibu. ASI ini cairan hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin adalah hasil sekresi dari glandula pituitari yang berperan dalam produksi ASI, dimana prolaktin ini akan meningkat dalam tubuh seorang Ibu selama masa kehamilan. Hormon oksitosin ini berfungsi sebagai pengencang otot dalam rahim pada saat melahirkan dan pasca melahirkan. Dalam pembentukan ASI, oksitosin dapat mengencangkan otot halus yang berada di sekitar alveoli sehingga memudahkan bayi dalam memeras ASI melalui hisapan. Pemberian ASI dari usia 0 – 6 bulan secara eksklusif tanpa ada tambahan makanan lain, dr. Grahita Anindita Poernomo mengawali perbincangan.

Kandungan ASI adalah sebagai berikut :

  1. Lemak

Kadar lemak ASI bagus buat bayi. Lemak pada ASI ini mudah dicerna dan diserap oleh bayi, karena mengandung enzim lipase yang dapat mencerna lemak.

  1. Karbohidrat

Laktosa (gula) merupakan karbohidrat utama yang terdapat pada ASI. Kandungan laktosa tinggi sekitar 20 – 30 % lebih banyak bila dibandingkan dengan susu sapi. Laktosa berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam pembentukan tulang.

  1. Protein

Protein pada ASI yaitu whey, yang mudah dicerna oleh bayi sehingga tidak menyebabkan gangguan intestinal.

  1. Vitamin

Vitamin pada ASI ada vitamin C yang bagus untuk bayi.

  1. Immunoglobulin A (IgA)

Selain ASI berperan dalam imunisasi aktif yang dapat merangsang pembentukan daya tahan tubuh bayi, ASI juga berperan dalam imunisasi pasif yang dapat melindungi usus bayi pada minggu pertama kehidupan.

Manfaat ASI bagi bayi itu antara lain :

  • Memenuhi seluruh kebutuhan

Nutrisi sangat lengkap pas untuk kebutuhan bayi, karena ASI merupakan makanan alami yang pertama dikonsumsi oleh bayi.

  • Antibodi

ASI bisa menjaga kekebalan tubuh bayi, sehingga dapat melindungi bayi dari bakteri, virus dan parasit.

  • Dapat mempercepat tumbuh kembang bayi

ASI dapat membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi.

Manfaat ASI bagi Ibu adalah untuk menghindari penyakit kanker payudara.

Penyimpanan ASI di dalam kulkas ada zat yang hilang, namun masih bagus diberikan untuk bayi. Cara mencairkan ASI dari freezer tidak boleh langsung diberikan kepada bayi, tetapi diturunkan dulu ke filler terus diletakkan di suhu ruangan atau dengan alat khusus untuk penghangat ASI. Kalau ASI sudah hangat atau cair tidak boleh kembali ke freezer lagi karena ASI bisa rusak. Penyimpanan ASI di freezer prinsipnya harus bersih maka bisa sampai 6 bulan penyimpanan. ASI yang disimpan pada suhu ruang bisa bertahan selama 6 jam. ASI yang disimpan di kulkas bagian bawah itu bisa dipakai besok harinya.

Apabila sangat dibutuhkan sekali, misal ASI tidak keluar maka boleh dengan pemberian susu formula pada bayi.

Cara memberikan ASI yang benar adalah prinsipnya menyusui itu pada 8 – 12 kali, setiap 2 jam bayi harus disusui. Kalau dipumping maka alatnya harus bersih dan disimpan di tempat yang nyaman.

Hal lain bisa melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), di mana bayi diletakkan di dada Ibu supaya bayi mencari puting Ibu sendiri dalm kurun waktu 30 menit – 1 jam. Selama bayi sehat dan Ibu tidak ada penyakit yang bisa menular ke bayi maka IMD ini bagus. IMD dilakukan saat Ibu melahirkan normal. Misal Ibu yang terkena HIV maka tidak dilakukan IMD.

Ada kasus bayi baru lahir yang kuning itu karena kurang minum atau memang kuning secara normal bisa fisiologis atau patologis. Solusinya adalah minum yang banyak supaya bisa keluar lewat feses sakit kuning nya.

Ibu menyusui disarankan konsumsi makanan yang baik, yang mengandung nilai gizi seimbang. Misal kalau gorengan, itu lemak nya pilih yang baik misal lemak yang berasal dari kacang – kacangan. Ibu menyusui juga disarankan untuk banyak konsumsi buah dan sayur, tidak disarankan konsumsi makanan yang pedas, kopi serta durian karena rasa ASI adalah yang dimakan oleh Ibu. Menyusui biar ASI lancar itu bisa dibantu bidan atau tukang pijat untuk memijat payudara Ibu, walupun usia bayi 5 bulan. Asal Ibu semangat dan ada dukungan dari suami untuk tetap menyusui. Kacang – kacangan, buah, sayur bagus untuk memperlancar ASI. Pijat oksi yang dilakukan oleh tenaga ahli ini bisa dilakukan oleh bidan. Hal lain yang bisa dilkukan oleh Ibu adalah breastcare  dimana memijat payudara dari bagian luar ke dalam untuk menghancurkan mrengkel – mrengkel di payudara. Setiap Ibu yang baru punya anak maka harus yakin bisa memberikan ASI untuk anak, dan Ibu jangan stres.

Bayi sering BAB ngga masalah selama bayi tidak kembung perutnya dan bayi ngga rewel. Bayi ASI bisa BAB sehari 5 – 6 kali atau tidak BAB sama sekali, asalkan bayi sehat dan ngga rewel ini ngga masalah.

Dapat disimpulkan bahwa, ASI adalah sumber cair utama dan yang terbaik yang diproduksi dari kelenjar mamae yang bersifat alamiah serta unik yang diberikan oleh Ibu kepada anak nya. Manfaat ASI sebagai nutrisi dan dapat melindungi bayi dari penyakit bayi lainnya. Pemberian ASI ekslusif kepada bayi yaitu sejak dilahirkan atau usia 0 – 6 bulan tanpa memberikan makanan atau minuman pendamping lainnya. ASI ekslusif dapat mengurangi angka kematian bayi yang dapat disebabkan oeh penyakit sperti diare dan radang paru – paru. MPASI dapat diberikan kepada bayi pada usia 6 bulan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.