MENGENAL TYPUS DAN PENCEGAHANNYA

MENGENAL TYPUS DAN PENCEGAHANNYA

PURWOKERTO – Talk Show Kesehatan “Doktere Inyong” episode ke-42 kali ini menghadirkan Dokter Umum yaitu dr. Moch. Bhagavad Gita Gandhi di studio Satelit TV, Minggu (10/12) malam. Dipandu oleh Agus Supriyadi dari RS Ananda Purwokerto sebagai host, serta Dandung Kasmaran, Amd. Kep sebagai tamu, tema yang diangkat adalah “Mengenal Typus dan Pencegahannya”.

Typus adalah suatu penyakit infeksi yang menular dari Salmonella typhi dan menyerang bagian pencernaan, sarangnya di usus halus. Penyakit ini awalnya berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi, kemudian masuk ke dalam lambung dan bakteri yang lolos masuk ke usus halus. Misal makanan yang terkontaminasi ini berasal dari makanan yang sudah dihinggapi lalat yang sudah menempel pada feses orang yang terkena typus. Typus juga dapat menular dengan cepat melalui mulut.

Pertama ada tanda demam, mudah lelah, mual dan muntah. Demam typoid bisa sampai 1 minggu lebih. Demam typus akan meningkat pada malam hari. Typus bisa juga ditandai dengan diare dan ada rasa nyeri. Pada umumnya, gejala typus muncul pada 1 – 3 minggu setelah tubuh terinfeksi, dimana ditandai dengan demam tinggi, diare, sakit kepala, nyeri perut dan nyeri otot. Kondisi tersebut bisa memburuk dalam beberapa minggu apabila tidak segera ditangani dengan baik, dr. Moch. Bhagavad Gita Gandhi mengawali perbincangan.

Pada penderita typus, dapat terjadi peningkatan panas yang bertambah tinggi ketika sore dan malam hari, kemudian bisa menyebabkan keluar keringat dingin. Apabila typus sudah seminggu, demam pun tinggi maka sebaiknya untuk rawat inap.

Pencegahan typus dapat dilakukan dengan memberikan vaksin yang disuntikkan atau diberi obat, tujuannya supaya bisa melindungi seseorang dalam waktu 3 tahun. Pemberian vaksin atau obat tersebut harus berdasarkan saran dari Dokter. Hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah typus adalah menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan dengan gizi seimbang, tidur 7 – 8 jam/24 jam, olahraga rutin dan cuci tangan sebelum makan, menutup makanan serta menghindari makanan yang tidak bersih. Cara penanganan typus adalah bisa dengan istirahat total selama beberapa minggu atau beberapa bulan serta periksa ke Dokter. Adapun cara alami dalam pengobatan typus yaitu dengan ekstrak cacing. Hal ini dikarenakan pada cacing terdapat getah, dimana getah tersebut mengandung antibiotik sehingga ekstrak cacing bagus sekali untuk membantu menyembuhkan sakit typus. Akan tetapi, minum obat Dokter dengan minum ekstrak cacing harus ada selang antara 2 – 4 jam.

Dapat disimpulkan bahwa, typus disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang masuk ke saluran makanan atau minuman. Gejala – gejala yang dialami yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri perut, diare dan lemas. Perbaikan yang dilakukan adalah konstruksi dengan antibiotik. Cara penanganan bisa dengan menjaga kebersihan lingkungan, makanan dan minuman serta cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Tidak lupa untuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak atau Dokter Umum.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.